Jumat, 02 Oktober 2015

Penipuan Online di Tokobagus OLX dan Tips Menghindarinya

Penipuan Online di Tokobagus OLX dan Tips Menghindarinya - Penipuan online untuk sekarang ini masih ada walaupun sudah ada market place yang terpercaya seperti BukaLapak.com dan Tokopedia.com. Penipuan online yang paling banyak terjadi adalah melalui blog walaupun tidak semua dan di OLX yang dulunya adalah Tokobagus.
Sebenarnya sekarang sudah mudah untuk berbelanja dengan aman menggunakan bukapalak ataupun tokopedia hanya saja tidak semua orang dapat memanfaatkannya seperti SABLON KAOS MANDOGE karena market place yang kami sebutkan hanya untuk menjual barang. Sedangkan untuk jasa tidak bisa walaupun tokopedia berencana akan membuka layanan pre order. Dan semoga layanan ini akan segera direalisasikan oleh pihak tokopedia.
Sesuai judul yaitu Penipuan Online di Tokobagus OLX dan Tips Menghindarinya, maka kami akan fokus pada pembahasan tersebut. Langsung saja bagaimana tips menghindari penipuan di OLX:
  1. Jangan tertipu dengan harga MURAH!
    Memang menggiurkan jika melihat barang yang kita inginkan dengan harga murah. Tapi disitulah para penipu banyak memanfaatkannya. Karena siapapun di dunia ini, saat berbelanja akan memilih harga yang murah. Murah di sini bukan berarti harga murah yang masih dapat bersaing di pasaran tetapi harga murah yang terlalu murah. Misalkan harga pasaran laptop bekas yang bespesikasi Intel Core i3 adalah 2 juta sampai 3 juta dengan kondisi pemakaian yang wajar. Tetapi para penipu akan membuat harga MURAH yang begitu menarik mata dengan harga di bawah pasaran.
  2. Tidak selamanya bahasa yang baik di iklan menunjukkan kejujuran
    Termasuk cara menghipnotis pembeli adalah dengan tutur kata yang baik. Semua pedagang pasti berusaha mempelajari bagaimana memperlakukan pembeli seperti raja.
    Begitu juga sebaliknya, terkadang iklan dengan bahasa yang simple, terkesan brandalan, malah merupakan penjual yang jujur.
    Sehingga tips kedua ini tidak bisa dijadikan patokan dan memerlukan tips yang ketiga.
  3. Lihat kontak yang bisa dihubungi
    Lihat kontak yang bisa dihubungi apakah lengkap. Yaitu nomor handphone, email, BBM, whatsapp.
  4. COD (Cash On Delivery)
    Tips keempat ini yang paling jitu. Cash On Delivery atau disingkat dengan COD merupakan cara jual beli online yang paling aman yaitu dengan langsung berjumpa antara penjual dengan pembeli saat melakukan transaksi. Walaupun tidak sepenuhnya bisa dikatakan online karena kita tetap melakukan transaksi secara langsung tatap muka.Termasuk ciri-ciri penipu online adalah tidak akan membalas sms/BBM/whatsapp jika kita menanyakan lokasi atau rumahnya dimana agar bisa bertemu langsung.
    Karena sistem OLX telah langsung meminta nomor hp dan BBM dan tidak mengijinkan penulisan nomor kontak lagi di deskripsi iklan maka biasanya para penipu akan menuliskan nomor kontak dengan penulisan kata contohnya: 081 dua tujuh lima 313 enam 6 sembilan. Maksud mereka agar dengan mudah mengganti nomor kontak jika mangsa sudah mentransfer uang. Untuk itu jika Anda mengalami seperti yang kami sebutkan, sebaiknya tidak melanjutkan transaksi. Sebaiknya pula menggunakan jasa Rekber jika tetap ingin transaksi tanpa berjumpa langsung dengan pembeli. Cek di sini Rekber yang bisa digunakan.
Hanya itu saja yang bisa kami berikan tentang Penipuan Online di Tokobagus OLX dan Tips Menghindarinya.
Semoga bisa memberi pencerahan dan bisa dijadikan patokan dalam berbelanja online yang aman dan jauh dari penipuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar